Monday, December 1, 2008

Ada apa dengan masa lalu?

Satu hal kebiasaan dengan teman-teman kos yang tak pernah ilang adalah kita sering ngobrol atau diskusi atau ngerumpi atau apa ajalah namanya di waktu senggang, apalagi dengan topik yang menarik.
Beberapa hari yang lalu ada topik yang menarik sekitar makhluk yang namanya cowok. Hmm obrolan hangat nih...
Ceritanya ada temen yang lg kenalan ma orang baru katakanlah A, tp temen ini jutek n galak buanget ma si A ini (tegas sih harus, tp bisa dengan ramah kan sikapnya?).
Usut punya usut ternyata temen ini masih trauma dengan masa lalunya. Kita sebagai temen, ngasih saran lah macem2, beda kepala beda pula masukannya, tp intinya masih senada.
Ga adil rasanya kalo dia memperlakukan A seperti itu karena:
- Kita ga bisa menyamakan orang, karena emang semua orang tuh beda.
- Yang pernah bikin sakit hati, dll adalah orang di masa lalu nya, misal B. Ya udah yang salah adalah B, dan si A ga bisa ikut nanggung kesalahan B dengan diperlakukan ga adil kayak gitu.
Ok, kita mungkin pernah trauma karena kejadian masa lalu, tp menurut gw, kita ga bisa ngeliat ke belakang terus dengan bayang2 masa lalu. Ya udah lah yang sudah, yo wis. Life must go on.
Yang harus dilakukan sekarang adalah menatap masa depan, optimis lah jadi orang. Berusahalah menata hati, relakanlah yang udah terjadi.
Emang ga mudah, semuanya butuh proses n kadang memerlukan waktu yang ga sebentar.
Jahat menurut ku kalo kita memperlakukan orang dengan sama, apalagi menimpakan kesalahan pada orang lain.
Atau kalo emang masih trauma, ga usah kenal ma orang baru dulu, biar ga ada yang diperlakukan dengan ga adil. Kasian dia, apa salahnya hingga diperlakukan kayak gitu.
Ini cuma pendapatku aja lho, kl ada pendapat yang lain ya boleh. Pendapat kan ga bisa salah.
Ingat, ga semua orang pernah salah ma kita, hanya oknum tertentu :-p
Harapanku semoga sukses usahanya, n bisa berhasil dengan bahagia. Amien..

No comments: