Tuesday, March 16, 2010

Ayo, Pake Helm Standar...


Bagi pengendara motor, helm merupakan safety yang harus dipake. Dibanding mobil, sepeda motor termasuk jenis kendaraan yg minim dalam menggunakan safety. Satu2nya safety yg dimiliki hanya helm, sedangkan kalo mobil memiliki safety belt (sabuk keselamatan) dan air bag (kantong udara). Karena itulah, pemakaian helm sangat penting untuk menjaga keselamatan pengendara motor sendiri.

Helm yang dipake untuk menjaga diri agar meminimalisir resiko, hendaknya yg memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Helm yang ber-SNI sendiri biasanya ada 2 macam, yaitu yang full face dan open face. Helm full face bs melindungi kepala dg maksimal termasuk memberi perlindungan yg lebih baik pada rahang dan gigi. Sedangkan untuk helm open face bs melindungi bagian muka hingga rahang.

Pemberlakuan helm berstandar secara resmi mulai diterapkan pada 1 April 2010, yang merupakan salah satu isi UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat (8). Jika melanggar, pengendara dan atau penumpangnya bisa dikenakan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda maksimal 250.000. Hayo pilih mana, pake helm biar aman ato didenda...?

Jadi inget, aku pernah nekad ga pake helm dalam perjalanan pulang dari Semarang menuju Pati, karena memang ga ada helm dan sepanjang jalan tetap cari helm. Sebelum dapet helm, sempet was2 pas ngelewatin polisi dan takut juga kalo terjadi hal2 yg ga diinginin, jatuh misalnya, langsung inget kepala, hehe...Syukur waktu masih di daerah Semarang pinggir akhirnya nemin tukang jualan helm dan akhirnya beli helm..Waktu itu sih belum ada ketentuan SNI, tp emang aku lebih suka pake helm yang dipakenya nyaman, jadi beli yang open face aja...

Pernah juga sih nekad lagi, waktu dari dari kantor ke Depok tanpa helm (baik yg helm setengah lingkaran pun). Sebelum nekad, waktu itu cm mikir kalo ketangkep polisi doang, tp sepanjang jalan tuh was2 banget, khawatir kalo jatuh gmn kepala gw...Kapok ga mau lagi nekad tanpa helm..

Nah waktu kemarin main ke Bekasi, berangkat dr kosan pake helm sih yg setengah lingkaran itu, mana kaitannya juga dah rusak..Emang dah diniatin juga sih, mau beli helm, biar enak juga makenya. Dipikir2 resiko banget kepalaku kalo klo jatuh misalnya. Helm harganya ga seberapa dibandingin sama kepala..Ya sudah, belilah helm yg open face lagi (mirip sama helm yg kutinggal di rumah)..

Ayo2 pake helm yang berstandar buat ngelindungin kepala kita...

No comments: