Wednesday, March 10, 2010

Inflasi

Aku tadi barusan baca tulisan salah seorang ekonomi tentang Inflasi dan Daya Beli. Dari tulisan itu, jadinya merefresh ingetanku lagi tentang inflasi. Hah, selama ini kemana aja gw...?? Dulu ga bisa, sekarang lupa, hahaha..ups..

Apa sih inflasi itu?
Kalo menurut wikipedia, inflasi adalah peningkatan yang berterusan dalam tingkat harga umum barang. Masih burem kan maksudnya?? Pengertian itu juga yg selama ini teringat dalam benak gw, tp menurut gw sebenernya emang masih abstrak. Nanti akan dibahas dikit tentang inflasi dengan semampu pemahaman gw tentunya..:D

Kalo menurut data BPS sendiri, inflasi bulan Feb sebesar 0.30% yang berarti turun dari bulan Jan yang sebesar 0.84%. Sebenernya inflasinya kan turun, tp pastinya bertanya2, kok harga2 di pasaran malah merangkak naik ya? Kok bs gitu ya? Penasaran? coba cek deh harga2 di pasar, sambil belanja belanji :D pasti hampir semuanya harga barang mengalami kenaikan.

Ini yang perlu diperhatiin, inflasi menunjukkan rata2 kenaikan harga, jadi yg naik bukan harga rata2nya, melainkan RATA2 KENAIKAN HARGANYA. Selama ini yg terjadi harga2 terus merangkak naik, dengan tingkat kenaikannya yg fluktuatif, kadang rata2 kenaikan harga rendah kadang juga tinggi. Hal inilah yg dibilang inflasinya kadang turun dan kadang tinggi.

Oo gitu ya, hehe...baru mudeng dikit :)

Ini sedikit yg gw ngerti dr baca tulisan tadi, so kalo ada temen2 yg mau nambahin silahkan aja. Sekalian juga kalo ada yg salah, direvisi aja ya...:) Lain kali ditambahin lagi ya, dah mau pulang, hehe..:D

No comments: